8 Cara Meningkatkan Kecepatan WordPress Blog

WordPress adalah salah satu sistem manajemen konten (CMS) open source paling populer di dunia. Meskipun mulai berfokus pada blogging, selama bertahun-tahun ia telah berkembang menjadi platform yang lebih fleksibel untuk situs web pada umumnya.

Banyak yang menggunakan WordPress karena user friendly, banyak referensi, banyak pilihan tema dan tutorial. Bagi yang memiliki masalah dengan loading website lama, dapat menyimak postingan ini sebagai referensi. Optimasi wordpress sangat diperlukan pada semua wordpress.

Meningkatkan Kecepatan WordPress Blog
Meningkatkan Kecepatan WordPress Blog

Loading halaman yang cepat dapat meningkatkan pengalaman pembaca, meningkatkan pageview dan membantu SEO WordPress Anda. Google memberikan peringatan pada website atau blog lamban dengan menurunkan peringkat mereka di hasil pencarian. Ini berarti web yang lambat akan mendapat traffic yang rendah dan mengecilkan pendapatan Anda.

Sumber masalah kenapa kecepata web WordPress Anda menjadi lelet diantaranya adalah:

  1. Hosting atau VPS yang digunakan mengalami miss konfigurasi atau salah setingan, hal ini akan berakibat pada lambannya website wordpress Anda.
  2. Plugin WordPress, Penggunaan plugin yang berlebihan dapat menyebabkan blog WordPress Anda lamban.
  3. Setingan WordPress, Apabila situs WordPress Anda tidak menyediakan sistem cache pada akan terjadi overload pada server yang berakibat lambannya website Anda.
  4. Iklan, Skrip pada iklan dapat mempengaruhi juga loh

Meningkatkan Kecepatan WordPress dengan mudah

  • Memilih Hosting yang tepat untuk website atau blog

Menggunakan layanan managed WordPress hosting memberi Anda konfigurasi server paling optimal untuk menjalankan WordPress. Perusahaan yang memberikan pilihan layanan Managed WordPress hosting juga menawarkan backup otomatis, update WordPress otomatis, dan konfigurasi keamanan yang sangat baik untuk melindungi website Anda. Cari Promo Hosting dan Domain.

  • Memilih Tema dan Plugin WordPress yang tepat

Gunakanlah tema yang ringan dan sesuai kebutuhan untuk website Anda. Menggunakan tema dengan banyak fitur yang tidak digunakan sangat percuma. Kurangi penggunaan plugin yang berlebihan yang dapat memakan resource server sehingga loading website menjadi lamban.

Hindari penggunaan tema dan plugin bajakan (nulled), hal ini untuk meningkatkan keamanan website Anda. Lakukan update pada tema dan plugin ke versi yang lebih baru.

  • Menggunakan Plugin Caching

Pilihlah plugin caching yang cocok dengan kebutuhan Anda, Jangan gunakan plugin caching lebih dari satu untuk menghindari konflik yang berakibat website tidak bisa diakses. WordPress menyediakan plugin seperti Litespeed Cache, W3 Total Cache, WP Super Cache dan banyak lagi dan gunakan salah satunya.

  • Optimasi Gambar

Penggunaan gambar yang banyak pada website Anda dapat mempengaruhi kecepatan loading website. Apalagi postingan Anda menggunakan gambar berukuran besar. Sebelum mengupload gambar sebaiknya lakukan kompres gambar menggunakan aplikas photoshop atau editing photo lainnya. Selain itu Anda bisa menggunakan tools online seperti compressor.io.

Cara lain Anda bisa menggunakan Content Delivery Network CDN. CDN adalah teknologi yang mampu memastikan keberadaan content static Anda (seperti gambar, CSS, JavaScript dan video) bisa diakses lebih cepat, dengan cara menyalurkannya dari lokasi yang paling dekat dengan pengunjung Anda, sehingga bisa meningkatkan waktu respon server.

  • Optimasi Database

Jika blog atau website Anda sudah memiliki posting yang banyak maka database pun ikut membesar pula yang menyebabkan query ke database menjadi lama sehingga loading website menjadi lama. Optimasi database dapat dilakukan dengan dua cara, bisa dari cPanel atau memasang plugin WP-Optimize atau plugin serupa.

  • Menggunakan Anti Spam

Spaming pada kolom komentar dapat mengakibatkan loading wordpress anda meningkat karena harus memaksa memanpilkan semua komentar. Untuk mencegahnya gunakan plugin WP-reCAPTCHA untuk mengatisipasinya, selain itu juga dapat melungi blog Anda dari brute force. Dengan mengaktifkan captcha pada form login dan komentar.

  • Gunakan PHP versi 7 keatas

Menggunakan PHP versi 7 keatas bisa meningkatkan kecepatan loading cms wordpress 2-3 kali lebih cepat dibandingkan versi php 5. Karena itu, sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan versi PHP 7 keatas.

  • Lakukan Analisa

Pengetesan kecepatan website bisa memakai tools GTmetrix, PageSpeed Insights dan Pingdom. 3 tools ini sangat populer digunakan karena dengan tools ini kita akan tahu bagian mana di website yang membuat loading lama dan cara memperbaikinya. Yang sering terlihat adalah pada file css dan javascript yang harus dioptimasi.

kecepatan blog xcode

Hasil yang saya terapkan pada blog saya sendiri dan semoga bermanfaat buat teman-teman semua. Jika ada pertanyaan atau diskusi bisa meninggalkan komentar di bawah ini.