Panduan Memasang Kode Google Analytics Lengkap

Google Analytics adalah tools gratis yang di berikan oleh Google untuk menampilkan statistik pengunjung sebuah situs atau blog. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman asal pengunjung, termasuk mesin pencari, dan memberikan wawasan penting lainnya.

Google Analytics
Google Analytics

Pada postingan sebelumnya tentang Tips Membuat Blog Responsive Bagi Pemula pada bagian terakhir. Dan sekarang saya akan memberikan panduan cara memasang Google Webmaster pada blog WordPress Anda dengan lengkap. Banyak user WordPress atau pengguna wordpress yang baru pertama menggunakannya merasa bingung.

Panduan memasang kode pelacak Google Analytics

1. Memasang kode Google Analytics tanpa menggunakan plugin

Emang bisa ya pasang kode pelacak Google Analytics tanpa plugin? jawabannya tentu bisa. Berikut caranya cukup mudah sekali. Pastikan kamu daftar Google Analytics dulu, jika sudah daftar.

Selanjutnya daftarkan link blog anda dan lengkapi form yang disuguhkan dengan benar. Berikutnya mengambil kode pelacak Google Analytics untuk blog atau web anda. Ketuk menu Admin pada sisi kiri bagian bawah.

Pada kolom “Property”, ketuk “Tracking Info”, lalu ketuk dibagian “Tracking Code”

Mendapatkan Kode Google Analytics

Sekarang Anda bisa mendapatkan kode pelacakan di bawah bagian “Website Tracking”. Dan salin (copy) kode tersebut.

Menyalin Kode Google Analytics

Sisipkan kode pelacakan ke dalam file header.php diantara tag <head> … </head> dan ketuk update.

Menyisipkan Kode Google Analytics

Sekarang sudah selesai Anda menambahkan kode Google Analytics di WordPress tanpa menggunakan plugin.

2. Memasang kode Google Analytics menggunakan plugin

Jika Anda menggunakan plugin All In One SEO, Anda tidak perlu mengginstall plugin tambahan lainnya untuk memasang kode pelacak Google Analytics. Berikut cara memasang kode Google Analytics pada plugin All In One SEO.

Plugin WordPress All In One SEO
Plugin WordPress All In One SEO

Cara untuk mendapatkan kode pelacakan sama dengan cara di atas, hanya saja Anda cukup mengambil kode UA-130916978-1 yang terdapat pada tulisan Tracking ID.

Tracking-ID
Tracking ID

Kalau sudah Anda dapatkan silahkan masuk ke blog Anda dan menuju pada menu All In One SEO selanjutnya ketuk General Setting

Masukode kode Google Analytics yang sudah Anda dapatkan tadi pada kolom Google Analytics ID 

Tunggu beberapa hari hinggan Google Analytics menjalankan tugasnya. Pelajari karakteristik blog Anda dan pengunjung blog Anda. Lakukan analisa untuk kemajuan blog yang dikelola.

Catatan tambahan : Saran dari saya, usahakan jangan terlalu banyak menggunakan plugin. Alasannya adalah untuk mengurangi beban server yang menyebabkan blog Anda lemot. Kalau install plugin pastikan lihat detail plugin yang terdapat pada samping kanan. Apakah kompatibel dengan versi wordpress Anda atau tidak, trakhir update dan reputasinya.

Sampai disini Panduan Memasang kode Google Analytics, Jika ada yang perlu di pertanyakan atau masukan untuk saya silahkan tinggalkan komentar di bawah.